Tips Keuangan Dari Kesuksesan Evander Holyfield

Evander Holyfield salah satu petinju kelas berat yang biasa memenangkan kompetisi tersebut dan secara keuangan Ia terbilang cukup sukses. Ia mencatatkan kesuksesannya berdasarkan lima prinsip mendasar yang tercatatkan pada autobiography yang ia miliki, “Becoming Holyfield”, mencakup :

1. Berhati-hatilah dengan siapa yang Anda percayakan
Jangan meletakan seluruh harta Anda pada satu buah instrument investasi. Ini adalah sebuah prinsip kebenaran manakala Anda membangun sebuah team untuk membantu Anda mengelola dana yang Anda miliki. Holyfield memperhatikan pada setiap penasihat mereka baik seorang penasihat hukum, broker, manajer atau trainer adalah cara investor dalam mengelola portfolio mereka. Filosofi yang dimiliki adalah jangan menginvestasikan dana pada single strategy. Diversifikasi adalah strategi yang telah mencetak kesuksesan yang kini ia miliki.

2.Penasihat keuangan Anda tidak melakukan korupsi
Banyak penasihat keuangan yang terkadang melakukan korupsi atas dana yang dipercayakan oleh klien mereka. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih seorang penasihat keuangan. Anda harus mengetahui perkembangan yang terjadi pada dana yang Anda percayakan. Janganlah membiarkan dana Anda diinvestasikan pada instrument keuangan yang Anda tidak ketahui.

3.Lawanlah peraturan nomer 1 jika Anda dapat melakukannya
Manakala Anda bekerja dengan seorang penasihat atau merencanakan masa depan dengan pasangan Anda, Anda harus mempercayai sesorang dan Anda telah mempercayainya maka peraturan nomer 1 dapat Anda lawan..

4.Dekatkanlah dengan para pakar
Manakala Anda memiliki dana untuk dikeluarkan. Rekomendasi dari Holyfield adalah carilah orang-orang yang baik pada bidangnya. Manakala Anda membutuhkan penasihat keuangan, carilah yang terbaik. Manakala Anda membutuhkan pengacara lakukanlah hal yang sama. Letakanlah pakar yang baik pada tugas yang seharusnya mereka lakukan.

5.Tetaplah memantau kondisi keuangan Anda
Karena situasi keuangan tidak statis sepanjang waktu, Anda harus selalu memantau kondisi keuangan. Manakala Anda menemukan perubahan, buatlah penyesuaian. Jika tujuan keuangan Ana berubah sesuaikanlah strategi investasi Anda. Jika Anda tidak merasakan kenyamanan dengan penasihat investasi, temukanlah pakar baru yang dapat mengarahkan Anda.

Demikianlah beberapa saran yang telah dipraktikan oleh Holyfield dalam mengelola keuangan pribadi yang ia miliki. Selamat berinvestasi!

0 comments: