Gunakan Pialang yang Kredibel dan Kuat

Bisnis Perusahaan Efek (PE)

Sejak 1990, PE diperbolehkan mempunyai empat jenis usaha sekaligus; sebagai Perantara Pedagang Efek (brokerage), sebagai penjamin emisi (underwriter) - dengan mengambil alih peran yang semula dipegang lembaga keuangan bukan bank - sebagai manajemen investasi (MI), sebagai penasihat investasi. Banyak PE yang bergerak di keempat bidang ini. Ada yang hanya bergerak di satu atau dua bidang saja. Setiap bidang usaha ini mempunyai persyaratan khusus. Untuk bisa bergerak di bidang penjaminan emisi setiap PE harus memiliki modal disetor minimum Rp 10 miliar, jumlah yang sebetulnya jauh dari memadai. Untuk bergerak di bidang pengelolaan PE di wajibkan memperkerjakan dua manajer investasi yang sudah berlisensi.

Semua investor saham mutlak memerlukan jasa dari PPE. Pasalnya, transaksi saham di bursa efek hanya bisa dilakukan oleh pialang. Teknisnya adalah : investor meminta jasa pialang untuk menjual atau membeli saham. Untuk jasanya itu, investor harus membayar komisi. Selain itu dapat juga memanfaatkan layanan pialang lain, yakni nasihat investasi atau bahkan memepercayakan asset mereka (uang dan saham) agar dikelola oleh PE.

Dalam melayani investor, PE mempunyai beberapa kewajiban. Ketika membuka akun untuk nasabah baru, misalnya, PE wajib mengenali nasabahnya dengan baik. Dengan peraturan ini PE wajib mengetahui kondisi finansial investor dan di larang memberi rekomendasi kepada nasabah untuk melakukan transaksi tanpa memperhatikan tujuan investasi dan kondisi keuangan nasabah. Di AS, pialang juga wajib memberikan rekomendasi kepada nasabah untuk bertransaksi saham sesuai dengan pengalaman investasi dan toleransi nasabah terhadap risiko. Dengan mengetahui dat ini, PE dapat memberikan layanan yang cocok dengan kebutuhan pemain.

Caveat Emptor

Ada satu nasihat dari Ken dan Doria Dolan dalam bukunya Straing Talk On money (1993) bagi mereka yang akan memilih PE, “Your best financial planner is you.” Dengan nasihat tersebut, Ken dan Dolan ingin menunjukkan bahwa sebetulnya investorlah yang paling tahu status financial, tujuan investasi, time horizon, dan toleransinya terhadap risiko. Selain itu, tidak ada yang lebih peduli keuangan investor selain investor itu sendiri. Adalah bijaksana untuk bersikap hati - hati dengan mempercayakan aset kepada orang yang belum dikenal baik, apalagi kalau kenalnya karena menawarkan jasa pengelolaan dana.

Beberapa Tip memilih PE

Pertama, pilihlah PE sesuai kebutuhan. Kalau membutuhkan jasa pialang hanya untuk transaksi, investor cukup menggunakan PPE yang baik. Di AS, PE semacam ini dikenal dengan nama discount broker atau two-dollar broker. Mereka ini hanya untuk menjalankan transaksi dan atas jasanya itu ia akan menerima komisi. Broker yang baik akan menggunakan eksekusi order nasabah dengan cepat dan aman.

Kalau membutuhkan nasihat investasi maka PE yang mempunyai dukungan riset yang kuat adalah pilihannya. Kalau investor ingin mempercayakan dananya untuk dikelola PE, maka PE yang berlisensi di bidang manajemen investasi adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk melancarkan inveatasi di pasar perdana (initial public offering / IPO) sebaiknya investor memilih PE yang memiliki izin dan berpengalaman sebagai penjamin emisi.

Kedua, cari pialang yang berpengalaman dan dapat dipercaya. Bisnis efek adalah bisnis kepercayaan. Ada kode kehormatan yang dipegang para pialang, yakni my word is my bond. Artinya semua yang dikatakanya dapat dipercaya. Namun, demikian, godaan uang (apalagi dalam jumlah besar) kadang mendorong mereka mengesampingkan kode kehormatan tersebut.

Perlu diingat bahwa masalah kepercayaan ini menyangkut WPPE, para direksi, dan pemegang saham di PE tersebut. Memang mereka sudah diuji oleh Bapepam, baik keterampilan maupun kredibilitanya. Tetapi di antara mereka ada yang lebih berpengalaman dan lebih dapat dipercaya daripada yang lain. Untuk mengetahui hal ini investor dapat mencari tahu dari nasabah lama PE tersebut.

Sepanjang menyangkut personil, pilihlah WPPE yang sudah dikenal secara pribadi dan cocok satu sama lain. Ini penting karena hubungan investor dengan WPPE akan berjalan lama. Dengan demikian kecocokan menjadi penting. Selain itu, investor bertindak bijaksana kalau mengecek integritas dan keamanan PE-nya. Cari tahu PE mana yang akan berganti nama, atau berganti pemilik. Seberapa banyak mereka pernah dikomplain dan atas kesalahan apa saja. Ini penting karena tidak ada lembaga pemeringkat PE sebagaimana yang ada di AS.

Ketiga, lihat fasilitas dan sistem operasinya. Setiap PE anggota bursa mempunyai satu saham di BEI. Tetapi mereka dapat memiliki jumlah booth di lantai bursa yang berbeda. Lihatlah apakah boot yang dimiliki PE tersebut cukup banyak untuk mengeksekusi order dari nasabahnya dengan cepat. Lihat juga apakah back system yang dimiliki PE tersebut sudah memadai dan mampu menangani semua transaksi dengan baik atau belum.

Keempat, bagaimana struktur permodalanya? Mungkin ada yang bertanya untuk apa modal besar diperlukan oleh PE. Bukankah pialang beroperasi dengan dana nasabah dan mendapat komisi? Masalahnya adalah bahwa PE bermodal besar dapat menawarkan fasilitas yang lebih lengkap, memperkerjakan tenaga analis yang lebih banyak atau lebih berpengalaman.

Dengan modal besar mereka bisa membangun banyak jaringan pemasaran dan melengkapi diri dengan bagian – bagian yang diperlukan untuk memperlancar operasinya. Misalnya saja tidak ada bagian yang menjalankan dua fungsi yang dapat menimbulkan masalah nantinya. Modal besar juga diperlukan seandainya investor menginginkan fasilitas margin.

Kelima, struktur fee (komisi) dan kemudahan. Atas jasanya-nya mengeksekusi perintah dari nasabah, PE yang mengutip biaya transaksi yang besarnya ditentukan secara seragam atas kesepakatan para PE. Tetapi seperti di industri mana saja yang memiliki persaingan ketat , ada perang tarif di antara sesama PE. Maka pilihlah PE yang menawarkan komisi lebih rendah. Selain itu pertimbangkan juga kemudahan bertransaksi, kecepatan eksekusi transaksi dan kemudahan pembukaan akun.

2 comments:

Anonymous said...

The excellent message gallantly)))

Anonymous said...

It agree, it is the remarkable answer